Rabu, 09 November 2016

Tips Update Berbagai Berita Tebaru Secara Online



DUTABLOG.COM - Perkembangan teknologi informasi memang memiliki harga yang harus di bayar, di era perkembangan internet yang sangat pesat mau tidak mau era media cetak pun harus ikut menyesuaikan, jika tidak, bersiaplah untuk menemui mimpi buruk, dimana tidak lagi banyak orang yang berlangganan media cetak, atau sekenario paling buruknya tidak ada lagi orang yang mengambil dan menyerap informasi dari media cetak, karena berita di era sekarang sudah dengan mudah bisa didapatkan secara online dan gratis.

Tips Update Berbagai Berita Tebaru Secara Online



Jujur, dari dulu saya adalah salah satu orang yang gemar baca koran atau majalah, bahkan seingat saya sudah dari sejak mulai bisa membaca, saya diajarkan untuk gemar membaca koran atau majalah yang memang banyak tersedia di rumah.

Kini, setelah masa-masa kuliah sangat jarang sekali saya bersentuhan dengan koran atau majalah, padahal dirumah juga masih berlangganan, di kampus pun juga masih banyak, tapi ya kebanyakan mahasiswa jaman sekarang pada lebih memilih untuk membaca berita dari gadget masing-masing secara online.

Membaca berita secara online saya akui memang lebih menyenangkan, selain karena sifat beritanya yang real time atau up to date, bahkan dari menit ke menit melalui live report, juga karena media online cenderung memiliki konten yang kaya, selain artikel, berita online sering kali disertakan gambar serta video yang di embed dari Youtube.

Televisi saja sekarang sudah mulai ada tanda-tanda kalah saing dengan Youtube, Meskipun mayoritas konten-konten yang ada di Youtube juga hasil rekaman dari Televisi tetapi kebiasaan masyarakan saat ini sudah bergeser, kalau dulu mau menonton apapun yang disajikan di televisi, saat ini masyarakat lebih memilih dan memilah tontonan yang ingin mereka konsumsi, melalui internet dan youtube hal ini sekarang sangat memungkinkan.

Untuk urusan update pun tidak terlalu susah, misalnya untuk berita terbaru online okezone kita tinggal menuju ke official websitenya, atau jika ingin lebih mudah bisa kita ketikkan langsung kata-kunci topik berita mengenai peristiwa apa yang ingin kita baca melalui mesin pencari.

Dari segi bisnis pihak media cetak memang dirugikan dengan menurunnya jumlah pelanggan dan pembaca mereka, akibatnya beberapa media cetak dan majalah pun tutup layanan, ini terjadi tidak hanya di dalam negeri lho, tapi di luar negeri juga banyak media cetak atau majalah mingguan yang terpaksa harus menutup layanan cetak dan berganti ke media online.

Ya, bertransformasi dari layanan media cetak ke media online menjadi salah satu opsi jika mereka masih ingin berkiprah di bisnis media. Untuk melakukannya pun tidak cukup sulit, bahkan bisa memangkas biaya prduksi bahan baku dan delivery man, hanya saja memang pola pikir ini hanya dimiliki bagi sebagian perusahaan yan memiliki pandangan visi kedepan dan tidak anti terhadap perkembangan teknologi.

Saya sendiri saat ini bisa dibilang lebih sering untuk update berita terbaru online okezone, selain gratis beritanya juga lengkap dan disusun berdasarkan kaidah jurnalisme yang berlaku. Untuk mengakses berbagai berita dari dalam dan luar negeri kita hanya perlu sebuah smartphone, yang terpenting adalah smartphone kita terkoneksi dengan paket data internet, akses berita secara real time bisa kita dapatkan kapan saja dan dimana saja, apalagi di Indonesia sekarang ini sudah banyak tersedia tempat-tempat yang menyediakan akses koneksi internet secara gratis, update berita bisa dilakukan saat makan atau saat nongkrong bareng teman di cafe.

Tapi meskipun begitu, masih ada saja media online yang memanfaatkan celah ini untuk mempublikasikan berbagai berita hoaxs untuk memperkeruh suasana maupun mengadu domba, sangat disayangkan jika hal ini terjadi berlarut-larut , kemungkinan minat baca berita online masyarakat akan semakin menurun.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com



EmoticonEmoticon