Kamis, 01 Desember 2016

2 Tips Cara Membersihkan Kompor Yang Baik


2 Tips Cara Membersihkan Kompor Yang Baik


DUTABLOG.COM - Kompor merupakan salah satu peralatan yang memiliki potensi paling kotor kedua di dapur setelah peralatan makan, padahal berbeda dari peralatan makan, kompor merupakan salah satu peralatan penting dan paling sering digunakan untuk memasak, karena tanpa kompor tentu  makanan yang dimasak dan diolah tidak akan matang dan enak untuk dinikmati. Maka sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan kompor di dapur, agar tidak cepat rusak dan kehilangan fungsi utamanya.

Bagi yang tinggal di apartemen mungkin cukup mudah membersihkan kompor, karena biasanya apartemen memiliki kompor yang tidak terlalu besar dan hanya memiliki fungsi-fungsi penting. Untuk membersihkannya pun tidak sulit, namun untuk kompor rumahan biasanya memiliki ukuran  yang lebih besar dan banyak fungsi khusus yang terdiri dari dua hingga empat tungku, sehingga cukup sulit untuk membersihkan setiap bagian kompor yang ada di dapur.

Sebagai senjata utama Ibu untuk memasak bagi anggota keluarga, bisa jadi sebagian ibu masih merasa takut untuk membersihkan kompor, apalagi kompor gas, entah karena takut akan merusak saluran gas elpiji atau takut nantinya malah merusak fungsi-fungsi kompor. Padahal kompor gas jika terus terusan di biarkan kotor justru malah akan mengganggu kinerja dari kompor tersebut.

Tidak heran jika akhir-akhir ini mulai marak beredar tukang service yang merangkap sebagai cleaning service kompor gas di sekitar kompleks perumahan.

Sebagai solusinya saya akan memberikan beberapa tips dan cara untuk membersihkan kompor secara mandiri, rasanya tidak efektif kan kalau kita harus menunggu tukan service atau cleaning service kompor gas untuk datang kerumah, padahal kondisi kompor sudah kotor.

1. Tips Pertama, Jangan Mengerok Permukaan Kompor Dengan Benda Tajam

Sebagian orang mungkin merasa kesal dengan noda membandel yang ditinggalkan setelah memasak, cara membersihkan kompor akibat noda yang disebabkan karena bahan masakan sebenarnya sangat mudah dibersihkan, namun sering kali setelah selesai memasak kita sudah terlebih dahulu kelelahan atau sudah merasa lapar dan ingin segera menyantap hasil masakan.

Hasilnya noda-noda tersebut bertahan dan menumpuk dalam waktu lama yang menyebabkan menjadi kering dan mengeras, permukaan kompor yang panas dan terbuat dari logam juga menjadi salah satu alasan mengapa noda-noda tersebut menjadi cepat mengeras dan susah dibersihkan.

Untuk mengatasinya, jangan gunakan benda tajam seperti pisau dapur untuk menghilangkan kotoran tersebut, mengerok dengan logam dan benda tajam justru bisa berpotensi merusak fungsi kompor anda.

2. Tips Kedua, Bersihkan Dengan Cairan Asam

Salah satu bahan yang paling efektif untuk membersihkan noda yaitu lemon, sifatnya yang asam akan membantu melunakkan noda bandel yang mengeras. Jika kesulitan mendapatkan lemon, gunakan juga pembersih yang memiliki bahan dasar lemon seperti Sunlight Double Power, hal ini akan membantu menghilangkan noda-noda bandel yang menempel di kompor anda.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com



EmoticonEmoticon