Selasa, 20 Desember 2016

Menjelajah Pulau Komodo Yang Eksotis

Menjelajah Pulau Komodo Yang Eksotis


DUTABLOG.COM - Tahukah anda komodo Indonesia adalah salah satu reptil prasejarah yang masih bisa ditemukan di bumi? Ya, komodo memang sudah berusia ratusan tahun, bahkan beberapa peneliti menyamakan spesies komodo yang saat ini masih bisa kita temukan di Indonesia ini sebagai jenis spesies yang sudah ada sejak jaman dinosaurus.

Saya sendiri belum pernah mengunjungi Pulau Komodo ini, konon menurut beberapa literatur yang saya baca di pulau ini terdapat ratusan ekor komodo, setiap harinya komodo-komodo ini diberikan makanan dan dibiarkan beraktivitas secara bebas di sekitar pulau, tanpa ada kandang maupun pembatas antara pengunjung dengan reptil karnivora ini.

Komodo yang rata-rata memiliki berat hingga 90 kilogram dan panjang tiga meter ini memang sudah terbiasa hidup berdampingan dengan penduduk lokal, bahkan sehari-hari komodo ini bisa dijumpai di pekarangan rumah. Selain komodo di taman nasional pulau komodo ini juga ada rusa, monyet, kuda dan kijang yang hidup bebas di savana hutan hujan dan padang rumput.

Menarik memang, apalagi sudah beberapa tahun ini Pulau Komodo dijadikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, otomatis sekarang Pulau ini harus dijaga sebagaimana habitat komodo yang sebenarnya. Nggak lucu kan, kalau sudah dijadikan sebagai salah satu warisan dunia tetapi ketika ada wisatawan asing berkunjung ke Pulau Komodo ini ekosistemnya sudah rusak.

Di Pulau yang tidak terlalu luas ini selain sebagai spot wisata alam komodo, ada juga spot-spot pemandangan pantai yang sangat menarik, terkadang jika kita beruntung kita bisa melihat komodo yang sedang berjemur atau berjalan di tepi pantai.

Kita juga bisa menikmati keindahan biota bawah laut di sekitar Pulau Komodo, pulau komodo ini memang terletak diantara pulau-pulau kecil lain yang jaraknya tidak lebih dari 10 kilometer, hal ini menjadikan gelombang laut di sekitar pulau menjadi lebih tenang sehingga memungkinkan untuk tumbuh dan berkembang berbagai spesies biota laut yang cukup unik, tidak heran jika di beberapa lokasi sekitar Pulau Komodo ini menjadi lokasi favorit turis asing dan dalam negeri untuk melakukan snorkeling.

Untuk menuju ke Pulau Komodo ini terbilang gampang-gampang susah, dengan pesawat dari Jakarta kita bisa memilik penerbangan menuju Bali, kemudian melanjutkan ke Labuan Bajo, dengan waktu tempuh 1,5 jam. Jika anda memiliki budget yang terbatas dari Bali kita bisa menggunakan kapal Pelni yang beroperasi setiap hari menuju kupang, ada juga motor boat dari Sape Nusa Tenggara Barat menuju pulau komodo yang juga berangkat setiap hari jika cuaca memungkinkan.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com



EmoticonEmoticon