Rabu, 22 Maret 2017

Tips Memilih Sekolah Paud Untuk Buah Hati

PLAYGROUP


DUTABLOG.COM - Pendidikan anak usia dini atau PAUD sekarang ini bukanlah sebuah opsi atau pilihan bagi orang tua, kehadiran pendidikan anak usia dini saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sang buah hati, karena jika anak kita tidak memiliki dasar pendidikan anak usia dini minimal satu tahun anak-anak kita nantinya akan kesulitan untuk melengkapi syarat masuk Sekolah dasar.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta kehadiran sekolah yang menyediakan pendidikan anak usia dini memang sudah banyak dan berkembang pesat, sebut saja nama-nama yayasan besar seperti Al-Azhar atau BIAS yang setiap tahun tidak pernah sepi peminat, padahal kedua sekolah tersebut bisa dibilang merupakan sekolah eksklusif dengan biaya yang cukup mahal untuk ukuran jenjang preschool.

Pendidikan anak usia dini menurut para ahli memang memiliki peran yang sangat penting, terutama untuk mental dan motorik anak. Pendidikan usia dini (preschool) dipercaya oleh sebagian besar orang tua dan guru mampu membantu perkembangan dan pemahaman anak ketika memasuki dunia sekolah.

Dengan adanya pendidikan anak usia dini membantu anak untuk mampu lebih aktif dan mudah menyesuaikan diri dengan suasana sekolah sejak dini, maka dari itu tidak heran jika para orang tua saat ini beramai-ramai untuk memberikan pendidikan usia dini kepada buah hati mereka.

Masalahnya adalah, Bagaimana cara orang tua memilih dan menyesuaikan pendidikan anak usia dini dengan biaya dan kualitas sekolahnya? karena seperti kita ketahui, saat ini sudah banyak berkembang sekolah-sekolah yang menawarkan daycare atau preschool untuk usia 1 tahun, atau bahkan sejak anak sudah bisa berjalan sendiri. Kurikulumnya pun juga sangat beragam beberapa bahkan ada yang sudah menerapkan kurikulum internasional dengan sistem pengajaran bilingual.

Nah, kalau sudah begini tentu saja dikembalikan kepada kemampuan orang tua, apakah buah hati dirasa sudah perlu belajar bahasa inggris dan Indonesia sejak masa preschool atau menunggu hingga buah hati masuk ke jenjang sekolah dasar.

Tentu sebagai orang tua kita menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati, namun kita juga harus mempertimbangkan berbagai aspek lainnya. Berikut beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi ketika memilih sekolah PAUD untuk buah hati anda versi dutablog.com:

1. Pilih Jarak Sekolah Yang Tidak Terlalu Jauh

Seperti kita ketahui, preschool umumnya harus didampingi oleh orang tua, minimal kalau tidak ayah ya Ibu, atau bisa menyewa orang lain untuk mendampingi, maka alangkah baiknya jika faktor jarak tempuh dipertimbangkan, mengingat usia anak dan juga fleksibilitas jika ada keperluan mendadak terkait pekerjaan atau urusan lain.

2. Kurikulum Pendidikan dan Fasilitas

Ya, preschool juga menyediakan kurikulum yang sangat beragam. Ada yang sudah menerapkan sistem bilingual ada juga yang belum,  di beberapa sekolah bahkan menambahkan pelajaran berbasis akhlak islam, misalnya seperti di Al-Azhar.


3. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan preschool bagi sebagian orang bisa jadi terlalu tinggi, hal ini karena untuk operasional biayanya murni dari sumbangan orang tua dan tidak ada bantuan dari pemerintah. Maka dari itu sebagai orang tua harus bijak untuk menyeimbangkan antara kebutuhan pendidikan buah hati dengan kemampuan.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 




EmoticonEmoticon