Jumat, 14 April 2017

Perjalanan Bandung - Yogyakarta Dengan Kereta Api Mutiara Selatan Baru

Perjalanan Bandung - Yogyakarta Dengan Kereta Api Mutiara Selatan Baru


DUTABLOG.COM - Saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang punya kecenderungan memilih mode transportasi kereta api jika dibandingkan dengan bus ataupun pesawat. Kebiasaan ini terbawa dari rutinitas dulu sewaktu masih di Jakarta yang kemana-mana sering menggunakan KRL, dan setelah kembali ke Jogja sampai sekarang kalau mau ke Jakarta, Bandung atau Surabaya kereta api selalu menjadi pilihan pertama, karena selain murah pengalaman naik kereta api sekarang ini juga sudah jauh lebih baik dari 5 atau 10 tahun yang lalu.

Terakhir kali saya menggunakan jasa transportasi kereta api Indonesia yaitu pada saat promo Hari Ulang Tahun Kereta Api Indonesia pada pertengahan bulan September tahun 2016 lalu. Saya cukup beruntung bisa mendapatkan harga promo Rp28.000 untuk satu kursi di kereta eksekutif Argo Wilis rute Yogyakarta - Bandung.

Tidak hanya itu, saya juga beruntung mendapatkan tiket balik Bandung - Yogyakarta dengan harga promo tersebut, luarbiasa bukan. hehe

Promo tiket kereta api ini selain bisa dibeli di situs resmi kereta api juga bisa di beli di situs pemesanan tiket serta ecommerce yang menyediakan layanan jual tiket kereta api secara resmi.

Khusus untuk perjalanan pulang dari Stasiun Hall Bandung menuju Satasiun Tugu Yogyakarta saya tidak mendapat kereta eksekutif, melainkan kereta bisnis Mutiara Selatan rute Stasiun Hall Bandung menuju Stasiun Gubeng Surabaya. Tiket di kereta ini sebelumnya untuk harga normal sekitar Rp200.000 sampai Rp300.000.

Kereta api Mutiara selatan dijadwalkan berangkat dari Bandung sekitar pukul 12 siang, namun karena di Daops 6 Bandung saat itu sedang ada perayaan HUT KAI maka perjalanan kereta ini sedikit terlambat dari jadwal semula.

Setelah puas menikmati sajian pertunjukan HUT KAI di Stasiun Bandung saya pun langsung check in dan segera menuju ke area peron, saya cukup kaget ketika kereta Mutiara Selatan kelas bisnis yang datang justru kereta kelas ekonomi, setelah bertanya dan memastikan saya berada di kereta yang benar, saya pun baru tahu kalau ini merupakan kereta Mutiara Selatan yang baru, saat ini kelasnya yang semula bisnis diturunkan menjadi kelas ekonomi.

Kereta baru Mutiara Selatan ini ternyata diluar ekspektasi saya, untuk kelas ekonomikereta ini dilengkapi dengan fasilitas single seat dengan pengaturan kursi 2-2 layaknya kereta kelas eksekutif yang sebelumnya saya gunakan ketika berangkat ke Bandung.

Tidak hanya pengaturan seat yang tidak biasa untuk kelas ekonomi, area kabin untuk menaruh barang pun desainnya hampir mirip kelas eksekutif yang seperti di kabin pesawat. Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa mencicipi kereta api Mutiara Selatan baru dalam perjalanan pertamanya.

Kereta ini melaju mulus layaknya kereta eksekutif meninggalkan Stasiun Bandung menuju Stasiun Kiaracondong dengan diiringi lambaian tangan serta beberapa petugas yang mengabadikan moment bersejarah ini dengan kamera ponsel.

Sepanjang perjalanan dari mulai Tasikmalaya, Purwakarta, Cilacap, hingga Yogyakarta kereta ini selalu disambut dengan petugas KAI yang penasaran dengan kereta Mutiara Selatan yang baru ini.

Dengan demikian, bagi anda yang sering berpergian melalui jalur selatan Pulau Jawa, sudah bisa menikmati fasilitas kereta baru Mutiara Selatan yang meskipun kelasnya ekonomi tetapi memiliki beberapa fasilitas layaknya kereta api eksekutif.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com



EmoticonEmoticon