Senin, 08 Januari 2018

Stadion Sepak bola terunik milik Pulau Vulkanik Islandia



DUTABLOG.COM - Berbicara mengenai Islandia, sebentar lagi ada pertandingan timnas Indonesia vs Islandia lo! Kamu bisa beli tiketnya secara online di Bukalapak. Bukalapak kini jual tiket timnas Indonesia vs Islandia sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan tiketnya tanpa harus antri dan panas-panasan.

Stadion Sepak bola terunik milik Pulau Vulkanik Islandia

Negara yang terkenal dengan fenomena alam aurora, Islandia. Selain terkenal dengan negara yang memiliki keindahan alam yang super cantik, di sana juga banyak tempat-tempat menarik lainnya, contoh salah satunya adalah stadion sepakbola di dunia yang bisa bersaing dengan Hasteinvollur. Stadion sepak bola terunik tersebut berlokasi di sebuah gunung berapi di Islandia. Stadion Hasteinvollur dibangun di atas lembah besar yang diapit oleh formasi gunung berapi.

Hal itu disetujui oleh seorang mantan pemain Liverpool dan timnas Inggris David James, yang mana dia memutuskan melanjutkan karirnya selama satu musim dan bermain di Divisi Utama Islandia. Kepulauan Vestmannaeyjar terdiri dari 15 pulau di sisi Selatan rangkaian vulkanik Islandia yang berisikan 70 hingga 80 gunung berapi baik di atas maupun bawah laut. Heimaey sendiri adalah satu-satunya pulau berpenghuni yang juga menjadi markas dari klub sepakbola Islandia, IBV Vestmannaeyjar. Hanya sekitar 4.000 orang tinggal di kota tersebut.

IBV Vestmannaeyjar sudah berdiri sejak 1903 dan awalnya menggunakan nama KV sebelum akhirnya berubah menjadi IBV (Ithrottabandalag Vestmannaeyjar). Dalam hal ini, mereka pernah menjuarai liga Islandia tiga kali pada tahun 1979, 1997, dan 1998 serta di Icelandic Cup empat kali. Sebelum terkenal seperti sekarang ini, dulunya pulau ini dikenal namanya ketika pada tahun 1973 gunung yang terletak disana, gunung Eldfell, meletus dan menghancurkan banyak rumah dan memaksa seluruh populasi mengevakuasi diri. Hanya beberapa petugas pemadam kebakaran tersisa. Pada saat itu, mereka berusaha menyelamatkan pelabuhan kota tersebut dengan cara mengalihkan aliran lahar panas.

Pada tahun 2016 IBV Vestmannaeyjar, baik dari tim laki-laki dan perempuan mendapatkan kekalahan, yang mana keduanya mencapai final kejuaraan masing-masing. Hanya berselang 24 jam, tim perempuan kalah 3-1 dari tim Breidablik, sementara tim lelaki harus menerima kekalahan 2-0 oleh Valur di stadion nasional Ibu Kota Reykjavik. Selain itu para pemain dari IBV Vestmannaeyjar juga memiliki banyak pemain asing, mulai dari El Salvador hingga Kosovo.

Hal tersebut dikarenakan kurangnya dan sulit bagi mereka untuk mengembangkan talenta setempat karena populasi pulau yang rendah. Meskipun demikian, IBV pernah menghasilkan beberapa nama terbesar dalam sepakbola Islandia, termasuk Asgeir Sigurvinsson yang pernah bermain dengan VfB Stuggart di Jerman dan Gudmundur Torfanson yang menghabiskan karirnya di liga sepakbola Skotlandia. Selain itu, Pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepakbola Islandia, Tryggvi Gudmundsson, memulai karirnya di IBV dan sempat kembali bermain untuk klub kelahirannya tersebut.

Pelatih timnas Islandia saat ini, Heimir Hallgrimsson, yang sempat menjuarai FA Cup bersama Portsmouth juga adalah hasil jebolan didikan pemain muda IBV. Dia sempat menjadi dokter gigi di pulau tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali ke dunia sepakbola sebagai pelatih timnas Islandia. Namun meski dia sekarang menjadi seorang pelatih dia masih aktif membantu di klinik dokter gigi setempat dan pernah menggunakan keahliannya di pinggir lapangan sepakbola musim lalu ketika sedang menonton pertandingan tim perempuan IBV melawan Fylkir. Salah satu pemain harus dirawat karena giginya retak.

Tetapi sekarang, IBV memiliki banyak pelatih berkualifikasi dan struktur pelatihan yang solid. IBV juga memiliki fasilitas indoor yang keren. Nama-nama populer yang sempat disebutkan di atas adalah bagian dari generasi sebelumnya yang harus berlatih sepakbola outdoor ketika badai musim dingin menyerang pulau tersebut.

Oh iya berhubung bercerita tentang stadion Islandia, pada tanggal 11 dan 14 Januari Indonesia akan bertanding melawan Islandia pada pertandingan sepak bola. Buat kamu yang ingin menonton tapi tidak sempat membeli secara offline, kamu bisa membeli secara online di Bukalapak, yang mana menjual tiket timnas Indonesia vs Islandia. Yuk dibeli.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com



EmoticonEmoticon