Minggu, 26 Juli 2020

Tidak Hanya Berzakat, Wakaf Juga Bisa Kamu Latih Sejak Dini



DutaBlog.com- Bagi umat Islam, zakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Semua harus saling mengingatkan supaya umat Islam lainnya sudah menunaikan zakat. Di sisi lain, terdapat wakaf yang bisa digunakan sebagai wadah untuk berbagi terhadap sesama manusia. Wakaf adalah ketika seseorang menyerahkan sebagian harta benda untuk digunakan manfaatnya dalam waktu tertentu atau selamanya. Hal tersebut ditujukan untuk keperluan ibadah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Wakaf Sedini Mungkin


Sebagai umat Islam sekaligus generasi penerus bangsa, anak muda bisa ikut andil dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah dengan melakukan wakaf sesuai dengan kemampuannya. Wakaf di Indonesia dikelola oleh badan resmi dari pemerintah yaitu BWI (Badan Wakaf Indonesia). Namun sayangnya literasi mengenai wakaf di masyarakat cenderung sedikit. Berikut ulasan terkait wakaf untuk kamu simak:

1. Perintah Wakaf

Wakaf dalam Islam merujuk pada surah Ali Imran ayat 92 serta surah Al-Hajj ayat 77. Dalam surah Ali Imran ayat 92, Allah memerintahkan untuk menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai untuk sampai pada kesempurnaan kebajikan. Sedangkan dalam hukum di Indonesia wakaf diatur dalam Peraturan Pemerintah tahun 2006 No. 42. Peraturan tersebut terkait dengan Pelaksanaan UU yang dibentuk pada tahun 2004 yaitu UU No.41.

2. Istimewanya Wakaf

Wakaf adalah salah satu sumber pendanaan umat Islam yang menurut sejarahnya pun mempunyai kekuatan dalam memerangi kemiskinan. Pahala yang didapatkan oleh kamu jika melakukan wakaf merupakan pahala yang tanpa henti mengalir selama harta benda yang diwakafkan terus digunakan orang lain.

Kehadiran wakaf beserta manfaatnya pun diakui oleh masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang merasakan manfaat wakaf. Oleh sebab itu, kamu pun bisa memulai berwakaf untuk lingkungan sekitar. Kamu bisa berwakaf di masjid atau melalui lembaga wakaf lainnya.

3. Motivasi Berwakaf

Sebagai anak muda, kamu bisa mengajak teman untuk berwakaf. Sehingga kamu lebih bisa tergerak untuk berwakaf. Selain itu, tanamkan pikiran positif dalam beribadah. Wakaf yang kamu lakukan akan bermanfaat bagi orang lain dan tentu diri kamu sendiri.

Mulailah untuk mewakafkan barang atau harta yang kamu miliki. Tidak perlu dimulai dengan nominal yang besar, mulailah dengan hal sederhana namun bermanfaat. Selain itu, coba jadilah penggerak orang untuk wakaf.

Demikianlah ulasan terkait dengan wakaf untuk kamu. Potensi wakaf juga diprediksi dapat mencapai nilai yang fantastis yaitu mencapai 77 triliun rupiah. Sehingga dapat dikatakan bahwa wakaf adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Berbagi manfaat tanpa merasa dirugikan haruslah dilakukan dengan ikhlas. Mulailah wakaf dengan niat yang tulus dan bekali diri dengan ilmu terkait wakaf yang bisa kamu pelajari melalui buku atau bertanya kepada ustadz.
DutaBlog.com- Teman Dunia Online


EmoticonEmoticon