Rabu, 20 Januari 2021

Mempersiapkan Tes dengan Metode Belajar Tepat



DUTABLOG.COM - Anda melakukan tes kemampuan bahasa Inggris pasti memiliki tujuan, ya mungkin sebagian ada juga yang hanya ingin mengukur kemampuan. Akan tetapi lebih banyak yang melakukan tes untuk mendapatkan hasilnya yang bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa atau pun pekerjaan. Untuk itu agar mendapatkan hasil yang maksimal Anda perlu mempersiapkan diri dan mengatur strateggi metode belajar Anda. Selain itu pilihlah cara tes yang nyaman untuk Anda, tes Bahasa Inggris online atau offline.

Apakah Anda sudah tau metode belajar Anda? Seperti belajar bidang yang lain, bahasa Inggris juga mempunyai beberapa metode yang bisa digunakan untuk belajar. Salah satunya adalah flexible learning yang merupakan metode pembelajaran dimana pelajar diberikan kebebasan pada bagaimana, apa, kapan, dan dimana dia belajar. Lingkungan flexible learning mengacu pada bagaimana ruang fisik digunakan, bagaimana pelajar berkelompok selama pembelajaran dan bagaimana waktu yang digunakan selama pembelajaran. Dengan ruang yang bebas, pelajar mungkin juga diberi kebebasan untuk belajar secara kolaboratif. Flexible learning mengacu pada kemampuan untuk mengkostumisasi tempat, waktu, dan mode pembelajaran. Hal ini membuat pelajar bebas menentukan bagaimana ia belajar, namun tetap dengan konsistensi belajar itu sendiri.

Jika dikaitkan dengan belajar bahasa Inggris, metode ini bias digunakan untuk menyegarkan ruang di dalam diri pelajar dan juga untuk mempersiapkan tes kemampuan Bahasa Inggris yang akan diikuti. Karena seperti yang kita tahu bahwa masih banyak orang yang belajar bahasa Inggris hanya menggunakan buku saja. Hal ini membuat pelajar menjadi cepat jenuh setelah belajar. Dengan metode ini, mereka bisa belajar bahasa Inggris secara fleksibel, dari mana saja, kapan pun mereka mau, dan tetap dengan tujuan yang sudah ditentukan. Apalagi jika pelajar merupakan pelajar secara otodidak. Mereka sebagai satu individu dapat secara bebas menentukan apa yang akan ia pelajari, tidak tergantung oleh siapapun atau kapanpun, atau juga dimanapun. Itu adalah salah satu contoh dari flexible learning ini.

Kosa kata percakapan bahasa Inggris, buku bacaan, dan soal-soal latihan yang digunakan mengacu pada fleksibilitas bahasa. Penggunaannya juga fleksibel ditentukan oleh konteks kalimat yang akan digunakan. Tidak hanya metode belajar bahasa inggris saja, tidak kita sadari sebenarnya bahasa Inggris itu sendiri sifatnya fleksibel. Oleh karena itu, hal ini menyebabkan bahasa Inggris cocok dipadukan dengan metode flexible learning. Seperti contoh seorang pelajar otodidak pemula, dia tidak tahu harus mulai darimana. Dengan flexible learning ini dia bias bebas menentukan dari mana dia harus belajar, tanpa harus bergantung pada mentor. Terlebih lagi karena bahasa Inggris sifatnya leksibel, pelajar tersebut juga bias bebas menentukan aspek bahasa Inggrisa pa yang akan ia pelajari terlebih dahulu.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com



EmoticonEmoticon