Selasa, 02 Maret 2021

7 Faktor Penyebab yang Memicu Munculnya Sinusitis



DUTABLOG.COM - Sinusitis bukanlah suatu kondisi yang asing dan telah cukup banyak dialami masyarakat Indonesia. Kondisi ini diartikan sebagai adanya peradangan pada sinus. Penderita akan merasakan beberapa jenis gejala yang mengganggu seperti demam, batuk, produksi lendir berlebih, nyeri kepala, serta nyeri pada lokasi sinus di wajah.

Faktor Penyebab


Setiap jenis penyakit pasti punya faktor penyebab tertentu. Salah satu kunci penanganan suatu penyakit adalah dengan menemukan hal apa yang menjadi faktor pemicu. Berikut adalah 7 faktor penyebab yang memicu munculnya peradangan sinus. Alergi

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan peradangan sinus pada sebagian orang adalah alergi. Kondisi ini tentu sangat spesifik dan bisa berbeda-beda untuk masing-masing individu. Tergantung pada jenis alergen yang menjadi penyebab. Gejala alergi bisa menyebabkan terjadinya gangguan saluran pernapasan dan memicu munculnya inflamasi pada sinus.

Virus


Infeksi virus juga bisa menjadi pemicu utama terjadinya inflamasi pada sinus. Salah satu jenis virus yang paling sering ditemui sebagai penyebab inflamasi sinus adalah influenza. Kondisi flu pada diri seseorang bisa mempengaruhi kondisi saluran hidung. Virus yang terdapat di rongga hidung bisa berpindah menuju sinus dan menyebabkan terjadinya inflamasi.

Tak hanya influenza, jenis virus lainnya yang menyerang rongga hidung atau sistem pernapasan juga bisa meluas ke sinus. Apalagi pada individu dengan sistem imun yang lemah. Jika hal ini terjadi maka pengobatan tidak hanya berfokus pada kondisi inflamasi tapi juga infeksi virus yang terjadi.

Gangguan Imun


Sistem imun memegang peran penting bagi pertahanan tubuh terhadap segala jenis penyakit. Termasuk menghalau serangan inflamasi sinus. Mereka yang memiliki sistem imun lemah, biasanya akan lebih mudah terserang sinusitis. Kondisi seperti ini biasanya ditemui pada individu yang mengidap gangguan imun salah satunya HIV/AIDS.

Kelainan Tulang


Faktor penyebab lainnya yang bisa memicu terjadinya inflamasi sinus adalah kelainan pada struktur tulang. Kondisi ini memang tidak dialami oleh setiap individu. Inflamasi sinus biasanya ditemukan pada individu yang memiliki kelainan tulang di sekitar rongga hidung. Bisa juga disebabkan oleh adanya pergeseran posisi tulang di rongga hidung yang berdekatan dengan sinus.

Polip Hidung


Inflamasi sinus juga bisa terjadi saat ada polip yang menyumbat saluran pada sinus maupun hidung. Polip itu sendiri bisa muncul akibat adanya mukus yang terlalu tebal dan menumpuk sampai menjadi daging kecil. Adanya polip ini tentu akan mengganggu kenyamanan sistem pernapasan dan bisa memicu munculnya peradangan salah satunya pada bagian sinus.

Infeksi Gigi


Kondisi kesehatan gigi ternyata juga bisa berpengaruh pada sinus. Gigi yang mengalami infeksi pasti mengandung banyak bakteri. Bakteri yang tinggal di gigi dan mulut ini kemudian bisa berpindah dan menyebar ke bagian lain yaitu sinus. Jika sinus kemasukan bakteri maka akan terjadi reaksi pertahanan berupa inflamasi. Itulah sebabnya kondisi kesehatan gigi harus dirawat dengan cara yang tepat.

Rhinitis Alergi


Inflamasi sinus juga bisa terjadi akibat kondisi rhinitis yang dialami oleh seseorang. Rhinitis itu sendiri merupakan inflamasi yang terjadi pada bagian membran hidung. Rhinitis alergi adalah inflamasi yang dipicu oleh adanya alergen. Kondisi ini kemudian bisa meluas dan menyebabkan penderita mengalami inflamasi sinus.

Itulah 7 faktor penyebab yang bisa memicu terjadinya sinusitis. Kondisi peradangan pada sinus ini benar-benar bisa mengganggu dan bahkan membuat penderitanya kesulitan beraktivitas. Anda bisa mendapatkan informasi penanganan inflamasi sinus ini lewat layanan Halodoc. Halodoc menyediakan informasi lengkap mengenai beragam masalah kesehatan yang bermanfaat untuk Anda.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com


EmoticonEmoticon