Rabu, 19 Mei 2021

Potensi Bahaya Mengkonsumsi Ikan yang Terkena Limbah Plastik




DUTABLOG.COM - Menumpuknya sampah plastik bisa menjadi ancaman untuk kelangsungan lingkungan kita. Seperti yang kita tahu, Saat ini Indonesia sendiri diperkirakan menyumbang 0,48–1,29 juta metrik ton dari total 4,8 hingga 12,7 juta metrik ton per tahun sampah plastik ke lautan di dunia. Ini membuat Indonesia ada di posisi ke-2 setelah Tiongkok sebagai negara penyumbang buangan sampah plastik ke laut. 

Indonesia sendiri diperkirakan menyumbang 0,48–1,29 juta metrik ton dari total 4,8 hingga 12,7 juta metrik ton per tahun sampah plastik ke lautan di dunia. Ini membuat Indonesia ada di posisi ke-2 setelah Tiongkok sebagai negara penyumbang buangan sampah plastik ke laut. (1) Hal ini sangat berbahaya bagi biota laut, karena hewan hewan tersebut secara naluriah memakan sampah plastik, dikarenakan mengira sampah plastik sebagai makanannya.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa banyak plastik laut dikonsumsi oleh makhluk laut lantaran terlihat seperti makanan. Penyu misalnya, kantong plastik yang utuh dan mengambang di laut, mirip dengan ubur-ubur. Hewan laut lainnya, termasuk ikan, sering melahap plastik berukuran mikro yang terpecah karena sinar matahari dan memiliki bentuk yang menyerupai plankton yang biasa mereka makan. (2) Tentu saja hal tersebut bisa sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup hewan laut, banyak kejadian yang mengakibatkan hewan laut mati karena terlalu banyak memakan sampah plastik. 

Paus sperma yang mati di Wakatobi dengan perut penuh dengan sampah, tentu masih segar dalam ingatan kita. Bahkan beberapa waktu lalu, paus sei yang langka juga ditemukan dalam keadaan lemah karena tenggorok yang tertutup plastik. (2) Berdasarkan laporan PBB pada 2016, tercatat lebih dari 800 spesies hewan terkontaminasi plastik melalui saluran cerna, yang mana data tersebut 69 persen lebih tinggi dibanding catatan pada 1977. Lalu, muncullah pertanyaan, apakah ada dampak sampah plastik yang akan terjadi apabila manusia mengkonsumsi ikan yang sudah memakan sampah plastik?

Bisa Mengancam Orang Tubuh dan Aliran Darah

Mikroplastik dalam air yang diminum dan udara yang dihirup juga dapat mengenai manusia secara langsung. Orang yang terus-menerus terpapar mikroplastik dari wadah makanan dan minuman plastik dapat mengganggu hormon endokrin (hormon yang mengatur pertumbuhan). Kehadiran mikroplastik pada ikan, cacing tanah, dan spesies lain memang meresahkan, tetapi bahaya sebenarnya terjadi jika mikroplastik berlama-lama di dalam tubuh, terutama jika mikroplastik keluar dari usus, lalu masuk ke aliran darah dan organ lain. 

Para ilmuwan termasuk Browne telah mengamati tanda-tanda kerusakan fisik, seperti peradangan, yang disebabkan penusukan partikel dan gesekan mikroplastik pada dinding organ. Para peneliti juga menemukan tanda-tanda mikroplastik yang tertelan dapat membawa bahan kimia berbahaya dan polutan lingkungan seperti pestisida yang tertarik ke permukaan plastik. Ini mengarah ke efek kesehatan, misal terjadi kerusakan hati. (3)

Berpotensi Menyebabkan Kanker

Sama halnya seperti produk kimia lainnya, plastik merupakan salah satu produk hasil kimiawi, yang dimana secara tidak sengaja dikonsumsi oleh ikan. Lalu ikan yang sudah memakan plastik yang sudah berubah menjadi mikroplastik. Dan kita makan, secara tidak langsung kita mengkonsumsi mikroplastik, melalui ikan. Dan hal ini bisa terjadi karena plastik tidak bisa terurai dengan mudahnya.

Menyebabkan Iritasi Pada Pencernaan

Kembali lagi, karena produk hasil kimiawi yang tidak bisa diterima tubuh, maka tubuh akan terasa asing, yang dapat mengakibatkan iritasi pada pencernaan kita. Apabila kita mengkonsumsi ikan yang sudah terpapar plastik. (4)

Namun hal ini masih dapat harus diuji kembali kepastiannya, apakah memang berdampak langsung pada tubuh manusia atau tidak. Yang perlu dipastikan, kita harus teliti dalam membersihkan ikan yang akan dikonsumsi, terutama membuang bagian lambungnya. Maka dari itu kita sebagai masyarakat luas, harus lebih memahami berbahayanya sampah plastik. Kita harus memperkuat komitmen kita pada penggunaan sampah plastik. Sama seperti AQUA yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian lautan dari sampah plastik.

AQUA percaya bahwa makanan dan minuman yang sehat hanya bisa didapat dari planet yang sehat dan hal tersebut tercermin dalam slogan Danone, One Planet One Health. Dalam proses produksi, kemasan memiliki peran penting untuk melindungi manfaat gizi dan kualitas produk sehingga dapat disimpan, diangkut dan digunakan dengan aman. AQUA percaya bahwa sampah kemasan plastik bisa menjadi bahan baku jika didaur ulang, untuk itu AQUA terus mendorong ke model ekonomi sirkular. 

Dalam pengelolaan sampah kemasan plastik, AQUA berambisi untuk mengambil kembali lebih banyak sampah kemasan plastik dari yang dihasilkan pada tahun 2030. Hal ini merupakan komitmen AQUA untuk berkontribusi menyelesaikan masalah sampah di Indonesia, termasuk dengan mendukung program Pemerintah Republik Indonesia untuk mengurangi sampah plastik di laut sebanyak 70% pada tahun 2025. Ambisi ini hanya dapat terwujud jika seluruh pemangku kepentingan terlibat secara aktif, mulai dari pemerintah, produsen, LSM, media hingga konsumen.

Sebagian besar volume produksi AQUA adalah kemasan galon yang dijalankan dengan model pemakaian berulang (reuse) dan sebagian dari kemasan tersebut telah menggunakan bahan baku daur ulang. Selain itu AQUA secara bertahap mengurangi berat kemasan hingga >20% dari berat total, dengan tetap menjaga kualitas, demi meminimalkan penggunaan bahan baku dan timbulan sampah yang dihasilkan. 

AQUA juga mempelopori inisiatif pengelolaan sampah plastik sejak tahun 1993 dengan program AQUA PEDULI (Pengelolaan Daur Ulang Limbah Plastik) untuk menarik kembali kemasan plastik pasca konsumsi yang selanjutnya dicacah dan diekspor ke luar negeri. (5) Hal ini patut kita apresiasi, karena menjadi kegiatan nyata dari AQUA untuk menjaga lingkungan kita. Dan kita sebagai masyarakat harus lebih bijak dalam penggunaan plastik.


https://sains.sindonews.com/read/363608/768/gawat-ratusan-jenis-ikan-yang-dikonsumsi-manusia-makan-sampah-plastik-1615644183
https://nationalgeographic.grid.id/read/131605210/hewan-laut-mengira-sampah-plastik-sebagai-makanan-mengapa?page=all
https://www.liputan6.com/health/read/3947275/dari-ikan-ke-manusia-mikroplastik-bisa-merusak-organ-tubuh
https://www.republika.co.id/berita/piszn7409/bahaya-laten-mikroplastik-dari-manusia-kembali-ke-manusia
https://aqua.co.id/komitmen-aqua-dalam-pengelolaan-sampah-kemasan-plastik


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com



EmoticonEmoticon