Rabu, 04 Agustus 2021

Minat dengan Investasi Obligasi? Ini Tips agar Dapatkan Keuntungan



DUTABLOG.COM - Investasi obligasi menjadi salah satu pilihan yang mampu memberikan keuntungan lebih besar selain deposito dan reksadana. Bagaimana tidak, obligasi yang merupakan surat pernyataan utang dari perusahaan pencari investor ini bisa memberikan keuntungan tinggi dan bebas resiko.

Selain itu, Anda juga bisa memperjualbelikannya di pasar modal untuk mendapatkan selisih harga yang disebut dengan capital gain. Kupon yang jadi istilah bunga dalam obligasi dan capital gain adalah daya tarik utama bagi Anda untuk langsung berinvestasi.

Tips agar Untung Besar dalam Investasi Obligasi


Saat memilih investasi, selain keuntungan Anda tentu akan mencari tahu dari segi keamanannya. Jika ingin aman, Anda mungkin mempertimbangkan deposito, namun sayangnya investasi ini perlu jangka waktu lama bertahun-tahun untuk mendapat keuntungan.

Selain itu deposito juga menawarkan bunga yang sangat rendah. Disinilah obligasi hadir sebagai solusi investasi aman dan menguntungkan. Karena soal pembayaran pokok dan kupon dalam investasi obligasi telah dijamin dalam UU no, 24 Tahun 2002 serta UU nomor 19 Tahun 2008.

Namun soal bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dalam obligasi juga perlu kecermatan. Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba lakukan saat berinvestasi dalam obligasi.

Mengikuti Terus Perubahan Suku Bunga

Saat Anda investasi dampak yang sangat besar akan didapatkan dari suku bunga. Memperhatikan suku bunga ini akan memudahkan Anda untuk tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli instrumen obligasi.

Tinggi rendahnya suku bunga dipengaruhi oleh inflasi dan kondisi ekonomi. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah nilai yang dimiliki justru berbanding terbalik. Harga obligasi akan turun ketika suku bunga naik begitu juga sebaliknya.

Menetapkan Tujuan dan Panjang Tenor

Tips selanjutnya adalah paham betul apa tujuan Anda melakukan investasi. Apakah Anda sedang mempersiapkan dana pensiun atau ingin memperoleh tambahan bulanan untuk rumah tangga? Karena tujuan inilah yang akan menentukan panjang tenor investasi obligasi.

Secara umum, jangka waktu normal di Indonesia untuk obligasi adalah 1 sampai 10 tahun. Semakin cepat panjang tenornya maka resiko dan keuntungannya kecil. Tapi jika Anda memilih tenor panjang maka resiko besar begitu pula dengan keuntungannya.

Memilih Obligasi Penerbit Pemerintah


Apabila Anda ingin lebih aman lagi, sebaiknya pilih obligasi pemerintah. Ada dua jenis penerbit obligasi yaitu dari perusahaan yang notabene adalah swasta atau korporasi dan satu lagi dari pemerintah. Keamanan jauh lebih besar jika Anda investasi di Surat Utang Negara karena jaminannya adalah Undang-Undang.

Memanfaatkan Media Online untuk Berinvestasi

Terakhir adalah untuk berinvestasi dalam obligasi Anda kini bisa memanfaatkan media online seperti aplikasi. Biasanya penyedianya adalah bank langsung sehingga Anda pun lebih aman untuk mempercayakan uang.

Keuntungan investasi secara online adalah Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja tidak terikat dengan waktu kantor. Ditambah lagi informasi yang disajikan bagi Anda yang mungkin masih awam sangatlah lengkap.

Pilih Aplikasi digibank by DBS untuk Investasi Obligasi


Berbicara soal media online yang aman dan terpercaya khusus untuk investasi Anda bisa menggunakan digibank by DBS. Aplikasi ini menyediakan beragam produk obligasi untuk dipilih, khususnya obligasi pemerintah yang terkenal lebih aman.

Soal keuntungan yang didapatkan, Anda bisa langsung mendapatkannya sebagai berikut.

Biaya Minim untuk Memulai Investasi

Bingung untuk memulai investasi karena takut biaya yang besar? Untuk bisa berinvestasi dalam obligasi Anda tak perlu dana belasan atau puluhan juta rupiah. Cukup dengan dana satu juta rupiah saja Anda bisa mengikuti obligasi Pasar Perdana atau obligasi Pasar Sekunder.

Layanan yang Siap Siaga 24 Jam

Keuntungan kedua, karena berbasis aplikasi Anda bisa melakukan transaksi kapan saja karena akan dilayani selama 24 jam. Jika ingin registrasi siang hari atau ingin membeli obligasi usai pulang kerja tidak masalah. Cukup dengan login ke aplikasinya Anda sudah bisa bertransaksi.

Pembayaran Kupon yang Tetap

Inilah keuntungan yang ditunggu-tunggu. Apabila Anda mengikuti jenis investasi yang lainnya pembayaran bunga seringkali tidak tetap. Berbeda dengan obligasi di Aplikasi digibank by DBS, karena Anda tetap akan mendapat pembayaran kupon secara tetap setiap bulannya.

Minim Resiko dengan Untung Lebih besar

Deposito memang jenis investasi yang minim resiko tapi keuntungan yang diberikan tidak tinggi hanya 4% per tahun. Mengingat penerbitnya adalah pemerintah maka jaminan uang pokok kembali 100% ditambah dengan kupon minimal 5,10% p.a. Jadi lebih menarik mana antara deposito dengan obligasi?

Keuntungan sudah tinggi, resiko juga minim ditambah dengan penggunaan Aplikasi digibank by DBS bisa dilakukan kapan saja. Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan dan sayang untuk dilewatkan.

Anda tak perlu menunggu lama lagi untuk bisa investasi obligasi demi jaminan masa depan yang lebih baik serta tambahan pendapatan setiap bulannya. Langsung saja unduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com


EmoticonEmoticon