Kamis, 22 Desember 2022

Beberapa Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Surat Berharga Negara



DUTABLOG.COM - SBN surat berharga negara memiliki peranan yang sangat penting khususnya dalam bidang keuangan. Oleh karena itu, Kamu perlu mengetahui apa saja informasi penting yang terdapat pada surat berharga negara tersebut dengan baik. Yuk, simak informasinya melalui artikel yang disajikan di bawah ini.



Definisi dan Ciri-Ciri Surat Berharga Negara

SBN surat berharga negara dapat didefinisikan sebagai surat berharga yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat secara resmi dan digunakan untuk alat pembayaran sejumlah uang. SBN terdiri atas SBSN, yaitu Surat Berharga Syariah Negara dan SUN, yaitu Surat Utang Negara. Secara umum, SUN terdiri atas ON yaitu Obligasi Negara dan SPN yaitu Surat Perbendaharaan Negara. 
 

Adapun ciri-ciri SBN ini yaitu wajib memiliki nama jelas yang meliputi identitas dan jabatan serta surat sebagai dokumen tertulis. Selain itu, harus tercantum janji bayar atau akta perintah, ada tanggal tenggat pembayaran atau tanggal jatuh tempo, dan skema yang telah disesuaikan. 
 

Selanjutnya, mencantumkan nama pihak yang bertanggung jawab dari pembayaran surat berharga tersebut. Kemudian, tercantum tempat surat dibuat, tercantum tanggal, dan tercantum tanda tangan pihak terkait lengkap dengan materai serta telah disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. 


Fungsi dan Manfaat dari Surat Berharga Negara


SBN surat berharga negara mempunyai fungsi dan manfaat tersendiri yang perlu Anda ketahui dengan baik. 


Fungsi dari SBN antara lain sebagai pembawa hak, surat bukti uang, mudah untuk digunakan dalam sistem jual beli, dan legitimasi. Sedangkan, manfaat dari SBN sendiri terdiri atas manfaat dari aspek fungsi dan manfaat dari aspek yuridis. 


Manfaat SBN berdasarkan aspek fungsi meliputi lidmaatschaps papieren yaitu surat tanda keanggotaan dari persekutuan, schuldvorderingspapieren yaitu surat tagihan utang, dan zakenrechtelijke papieren surat yang sifatnya menyangkut hukum kebendaan.


Kemudian, manfaat SBN berdasarkan aspek yuridis adalah dapat digunakan untuk alat tukar uang atau alat pembayaran yang sah. Lalu, sebagai alat yang digunakan untuk memindahkan hak tagih secara mudah dan sederhana. Selanjutnya, digunakan sebagai bukti hak tagih atau yang dikenal dengan surat legitimasi. Join MOST di sini, platform investasi yang tepercaya.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com


EmoticonEmoticon