Senin, 19 Desember 2022

Pahami Indikator Loyalitas Pelanggan dan Dapatkan Pembelian Berulang dari Konsumen



DUTABLOG.COM - Semua pelaku bisnis profesional tentunya sudah tahu jika penjualan bukan hal utama di dalam suatu bisnis. Ada yang lebih daripada itu, yakni indikator loyalitas pelanggan yang positif. Pelanggan loyal bisa berikan dampak besar untuk perusahaan. Jika berbicara mengenai penghasilan, semua usaha pastinya dapat melakukannya. Namun, jika bicara tentang pelanggan, tak semua mempunyai aset pelanggan loyal. Untuk perusahaan, pelanggan adalah aset paling berharga. 



Karena meskipun bisnis sedang menurun, para pelanggan loyal akan setia dan terus berikan pemasukan ke perusahaan. Oleh karena itu, penting sekali untuk bangun loyalitas pelanggan. Lalu, apa saja indikator customer loyality? Indikator customer loyality berhubungan dengan pelayanan memuaskan, produk berkualitas, harga produk atau jasa yang pas, maupun faktor lain di dalam suatu brand. 


Selain sering memesan atau membeli kembali, para pelanggan yang setia pun lebih resisten pada produk kompetitor. Para pelanggan cenderung loyal dan selalu rekomendasikan brand yang disukai ke orang lain. 


Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis yang Patut Dicoba!


Oleh sebab itu, seorang wirausaha wajib untuk mengetahui berbagai jenis loyalitas pelanggan serta cara mengukurnya sehingga bisa membangun loyalitas pelanggan di masa akan datang. 


Ada beberapa indikator customer loyality. Berikut indikator-indikator tersebut:


1.Retention


Yakni kekuatan pendirian pada produk kompetitor, isu negatif, kekurangan, maupun hal lain yang memiliki kaitan dengan produk atau jasa. 


2.Trust


Pelanggan mempunyai kepercayaan tinggi pada suatu produk ataupun jasa. 


3.Repeat Purchase


Pelanggan setia dan terus membeli secara berulang. 


4.Referrals


Pelanggan tak ragu untuk rekomendasikan dan promosikan produk atau jasa pada orang lain secara sukarela. 


5.Satisfaction


Tingkat kepuasan para pelanggan sangat tinggi setiap memakai produk atau jasa. 


6.Emotional Bonding


Pelanggan merasa mempunyai ikatan emosional pada suatu produk atau brand.


7.Choice Reduction / Habit


Pelanggan merasa dapatkan kenyamanan dan kemudahan. Misalnya kemudahan di dalam memakai produk, transaksi, ataupun klaim garansi. 


8.History of Experience


Pelanggan mempunyai pengalaman dengan suatu produk atau brand yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku. 


Itulah penjelasan tentang indikator loyalitas pelanggan. Dengan Anda mengetahui berbagai faktor loyalitas pelanggan diharapkan Anda bisa tingkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis yang dijalankan. Program loyalitas seperti pemberian reward berupa poin, voucher reward, serta diskon juga dapat menarik minat pelanggan. Pelanggan loyal akan berikan dampak yang besar sekali untuk perusahaan. 



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com


EmoticonEmoticon