Rabu, 19 Mei 2021

Sederet Makanan Rendah Kalori yang Bisa Kamu Coba!


DUTABLOG.COM - Makanan berkalori dinilai menjadi pemicu berat badan naik dengan cepat, padahal kalori sangat penting untuk mencukupi kebutuhan energi. Meski begitu, ada beberapa makanan rendah kalori yang sehat, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan juga cocok untuk menurunkan berat badan. Namun tentu saja, Anda juga harus berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Kalori sendiri merupakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Tubuh bisa mendapatkan kalori dari makanan yang Anda konsumsi. Adapun prosesnya yaitu ketika selesai makan, kalori yang masuk ke dalam tubuh berubah menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas, sisa kalori yang tidak digunakan akan berubah menjadi lemak sehingga berat badan meningkat. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengkonsumsi makanan rendah kalori untuk memenuhi energi tubuh secukupnya saja.

5 Makanan Rendah Kalori

Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau menjaga badan tetap ideal konsumsilah makanan rendah kalori yang kaya akan nutrisi dan dapat membuat kenyang lebih lama. Adapun berikut ini merupakan 5 makanan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi, di antaranya yaitu:

1. Buah-buahan Beri

Tahukah Anda, ternyata buah berry seperti blueberry, strawberry dan raspberry mempunyai kandungan kalori yang rendah. Makanya tak heran jika buah-buahan ini masuk ke daftar menu diet. Dalam satu cangkir atau 148 gram blueberry hanya mengandung 84 kalori [3].

Selain menjadi makanan rendah kalori, buah-buahan berry juga mempunyai kandungan mineral, vitamin dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Serta mengandung serat yang tinggi untuk membuat kenyang lebih lama.

2. Oat

Makanan rendah kalori mengenyangkan selanjutnya yaitu Oat. Pasalnya dalam 40 gram oat hanya mengandung 148 kalori, serta serat dan protein yang cukup tinggi yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anda juga bisa mengkonsumsi bubur atau sereal ost untuk melancarkan pencernaan [3].

3. Wortel

Wortel dikenal menjadi salah satu makanan yang bagus untuk mata. Ternyata bukan hanya itu, sayuran ini juga rendah kalori dan cocok dikonsumsi untuk yang sedang diet. Dalam 100 gram wortel rebus hanya memiliki kandungan 28 kalori [2]. Makanya tak heran jika makanan rendah kalori ini disukai oleh banyak orang dan bisa dijadikan sebagai menu diet harian.

4. Brokoli

Sayuran rendah kalori yang bagus untuk diet selanjutnya yaitu brokoli. Dalam 100 gram brokoli hanya mengandung 30 kalori sehingga dapat menjaga berat badan agar tetap ideal.

Makanan Indonesia rendah kalori ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta berpotensi mencegah risiko penyakit kanker seperti kanker usus dan kanker payudara. Manfaat lain mengkonsumsi sayuran ini juga mengurangi peradangan dalam tubuh

5. Kubis

Siapa yang suka mengkonsumsi kubis atau kembang kol? Pasalnya jenis sayuran ini seringkali dijadikan lalapan ketika makan. Ternyata kubis masuk ke dalam makanan rendah kalori, karena dalam 100 gram kubis hanya mengandung 25 kalori saja [1].

Bukan hanya itu, sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, kalium, folat, serat, serta antioksidan yang Dapat memerangi kanker. Ada pula kandungan zat glukosinolat dalam kubis yang bermanfaat untuk membersihkan racun dalam sistem pencernaan Kalium yang tinggi dalam kubis juga membantu keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Banyaknya manfaat yang didapatkan dari sayuran ini, sangat disayangkan jika Anda tidak mengkonsumsinya.

Makan Makanan Sehat, Minumnya AQUA!

Selain memperhatikan makan makanan rendah kalori sehat yang akan dikonsumsi, Anda juga perlu memperhatikan asupan cairan tubuh. Pasalnya 50% sampai 60% tubuh manusia dewasa terdiri dari air. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga asupan mineral yang berkualitas agar kesehatan tubuh terjaga dan organ-organ tubuh dapat bekerja dengan optimal.

Berapapun jumlah air minum yang Anda konsumsi setiap harinya, yang terpenting dapat memenuhi cairan tubuh. Hal ini tidak di boleh diremehkan, karena dampak yang terjadi ketika kekurangan air minum sangat besar yaitu dapat mengalami dehidrasi, kurang fokus, tubuh menjadi lemas dan lainnya. 

 

Jangan lupa, pastikan Anda memilih air yang terpercaya kualitas dan sumbernya. Jangan sampai meminum air kotor dan tercemar, karena dapat menimbulkan penyakit berbahaya. Adapun rekomendasi pilihan air mineral terbaik yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi cairan tubuh yaitu AQUA. 

 

Sudah lebih dari 48 tahun, air mineral AQUA menjadi pelopor air minum bersih di Indonesia. AQUA dipercaya oleh masyarakat memiliki kandungan yang sehat dan baik untuk tubuh, karena AQUA melakukan tiga perlindungan mulai dari pemilihan sumber air hingga pengemasan. Jadi minuman ini menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi.

Adapun tiga perlindungan yang dilakukan Aqua yaitu melindungi ekosistem di sekitar sumber air, melindungi mineral alami yang ada dalam air dan melindungi proses pengemasan untuk memastikan kualitas airnya tetap aman dan terjaga hingga ke tangan konsumen. Yuk lindungi kesehatan tubuh anda dengan minum air mineral murni dari AQUA sekarang!

Itulah beberapa hal mengenai 5 makanan rendah kalori beserta air mineral AQUA untuk melengkapi asupan tubuh yang sehat dan terjaga. Referensi:

1. https://www.alodokter.com/makanan-berkalori-rendah-berikut-layak-menjadi-asupan-diet-anda
2. https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/makanan-rendah-kalori-yang-sehat/?amp=1
3. https://www.sehatq.com/artikel/16-makanan-rendah-kalori-dan-padat-nutrisi/amp
https://www.sehataqua.co.id/aturan-ideal-minum-air-putih-yang-baik-untuk-kesehatan



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com



EmoticonEmoticon