Kamis, 27 Oktober 2016

7 Langkah Memiliki Rumah di Tahun 2017



DUTABLOG.COM - Tahun 2017 sudah akan datang. Apakah masih ada resolusi yang belum tercapai? Anda mungkin dapat menjadikannya resolusi di tahun 2017 mendatang. Jika salah satunya adalah ingin memiliki rumah sendiri, maka Anda harus menyimak 7 langkah memiliki rumah di tahun 2017 ini.


URBANINDO


  • Menabung
Menabung adalah langkah yang harus dilakukan pertama kali. Dengan menabung, komitmen anda untuk memiliki rumah akan teruji. Dengan begitu, impian anda untuk memiliki rumah akan semakin dekat dan mudah terwujud. Menabunglah secara rutin. Entah itu setiap hari, setiap Minggu, setiap dua Minggu sekali, atau bahkan setiap bulan. Yang pasti harus dilakukan adalah rutin, dan tekun. Dana tabungan ini nantinya dapat anda manfaatkan untuk dijadikan modal untuk membayar DP rumah.

  • Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Jika Anda telah memiliki tabungan yang cukup untuk membeli rumah, maka Anda harus menyesuaikan tipe rumah yang akan dibeli. Rumah besar akan sangat baik untuk dibeli, jika Anda memiliki dana yang cukup. Namun jika tidak, membeli rumah minimalis di pinggiran kota pun juga tidak masalah.

  • Cara Pembayaran

Cara pembayaran biasanya ada beberapa macam. Mulai dari tunai keras, cicilan bertahap, hingga KPR. Jika memang dana yang Anda miliki cukup untuk membeli rumah dengan cara tunai, maka cara ini dapat Anda lakukan. Namun jika dana yang Anda miliki kurang, Anda bisa menjadikan dana tersebut sebagai DP untuk selanjutnya dibayarkan dengan cara KPR.

  • Jumlah Cicilan

Jika menggunakan KPR, pastikan bahwa jumlah cicilan yang ada haruslah sesuai dengan kemampuan anda setiap bulannya. Jangan sampai nantinya Anda kesulitan untuk membayar rumah. Anda juga perlu menentukan jenis KPR yang akan digunakan. Pertimbangkan dan bandingkan berbagai macam jenis KPR yang ada.

  • Jenis Rumah

Rumah sendiri digolongkan menjadi dua jenis. Yaitu rumah baru, dan juga rumah bekas. Masing-masing memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Rumah baru memiliki fisik bangunan yang masih baik. Namun jaraknya kadang jauh dari pusat kota. Sementara rumah bekas memiliki fisik bangunan yang bekas, namun memiliki lokasi yang strategis.

  • Lokasi

Memilih rumah yang memiliki lokasi strategis sangat penting. Strategis sendiri tergantung dengan kebutuhan Anda. sebaiknya memilih rumah yang dekat dengan fasilitas kesehatan, pendidikan, alat transportasi, juga tempat hiburan dan olahraga. Tidak kalah penting, sebaiknya memilih rumah yang dekat dengan tempat bekerja.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

dutablog.com



EmoticonEmoticon